TUGAS KEWIRAUSAHAAN
MAKALAH USAHA KERIPIK PISANG AHAY
A. Latar belakang
Indonesia
merupakan negara agraris, tanah yang subur dengan hamparannya yang hijau. Hal
tersebut sangat mendukung Indonesia untuk meningkatkan hasil produksi hasil
pertanian. Namun hasil produksi bisa berkwalitas rendah karena adanya pengarus
krisis perekonomian yang menurun. Maka untuk menjaga agar kualitas dan
komoditas hasil pertanian (pisang) tetap tinggi maka perlu adanya pengolahan
pemanfaatan hasil yang lebih luas dan kaya akan ide-ide atau gagasan baru salah
satunya yaitu dengan mengolahnya menjadi produk kripik pisang yang berkualitas.
Dengan
melihat perkembangan zaman yang semakin maju sekarang ini kebutuhan manusia
akan gizi semakin meningkat setiap manusia membutuhkan makanan yang bergizi untuk
menjamin kesehatannya. Kesempatan bagi kita untuk membuat usaha makanan kecil
(ringan) dengan banyak orang yang suka makanan-makanan kecil, maka kami yakin
usaha kami akan berhasil dan menguntungkan.
B. Manfaat Pembuatan Makalah
Pembuatan
makalah ini memberikan manfaat yaitu:
a.
Mengembangkan kreatifitas di dunia usaha
b.
Mengurangi tingkat pengangguran
c. Dapat
untuk mendeteksi asumsi-asumsi secara cermat dan besarnya tingkat keberhasilan
wirausaha
C. Tujuan Pembuatan Makalah
Dalam
makalah usaha ini bertujuan untuk:
a.
Mengembangkan usaha kecil
b. Membuka
lapangan kerja
c.
Memanfaatkan hasil alam
d.
Mengembangkan kreatifitas usaha
D. Jenis Usaha
Produk Keripik Pisang
Keripik
pisang merupakan salah satu produk makanan ringan yang banyak digemari
konsumen. Rasanya yang renyah dan murahnya harga yang ditawarkan menjadikan
produk tersebut sebagai alternatif tepat untuk menemani waktu santai anda
bersama rekan dan keluarga.
Seiring
dengan banyaknya penjualan keripik pisang, maka kami membuat keripik pisang
mulai diinovasikan dengan berbagai varian rasa. Tak hanya rasa manis dan asin
saja yang ditawarkan, camilan keripik pisang juga ada berbagai varian rasa :
- keripik
pisang rasa balado
- barbeque
- green tea
- keju
- jagung
bakar
- stroberi
- Keripik
pisang rasa coklat
Sejatinya,
produk keripik pisang bukan barang baru bagi masyarakat Indonesia. Namun dengan
menambahkan sedikit inovasi, kini keripik tersebut banyak dicari konsumen dan
menjadi salah satu peluang bisnis menarik yang menjanjikan untung yang besar.
E. Target Pemasaran
Konsumen
Mengingat
buah pisang memiliki kandungan gizi yang sangat baik, banyak orang yang
menggemari aneka produk olahan pisang. Salah satunya saja seperti camilan
keripik pisang yang bisa dinikmati semua kalangan masyarakat, baik dari
kalangan masyarakat menengah ke bawah maupun konsumen menengah ke atas yang
ingin menikmati sensasi makanan ringan bercitarasa lezat namun juga tetap kaya
manfaat. Bahkan dalam memasarkan produk camilan keripik pisang, Anda bisa
membidik konsumen dari mulai anak kecil, kalangan remaja, hingga orang dewasa,
karena produk camilan tersebut bisa dikonsumsi segala usia.
Lokasi
Untuk lokasi
penjualan produk makanan ini yang cepat
laku adalah pada tempat ramai seperti pasar, sekolah, kampus, kantor, itu
adalah tempat yang paling strategis untuk mempromosikan produk kami.
Cara pemasaran
Berikut ini
adalah beberapa cara pemasaran yang akan kami lakukan :
1. Pertama
adalah lewat brosur, cara ini cukup efektif untuk memperkenalkan makanan yang
kami jual, biasanya makanan sampai di konsumen melalui pesan antar atau sering
disebut delivery.
2. Melakukan
penjualan langsung, cara ini lumayan efektif karena langsung bertemu dengan
pembelinya dan bisa langsung promosikan makanan yang di jual.
3. Melalui
internet, dengan kemajuan teknologi saat ini dan pengguanan internet yang
terjadi dimasyarakat cara ini efektif untuk memberikan informasi yang lebih
kepada orang karena saat ini orang banyak membuka internet seperti instagram,
facebook, twitter, yahoo, google dan lain - lain.
Perkiraan biaya dan harga
Pisang 5
Tandan =
Rp. 30.000 X 5 =Rp. 150.000
Minyak Goreng 5 Liter
= Rp. 20.000 X 5 = Rp. 100.000
Gula 5 Kg =
Rp. 13.000 X 5 = Rp. 65.000
Garam 2 Kg = Rp. 7000 X 2 = Rp.
14.000
Sari Buah Stroberi
5 Kg = Rp. 35.000 X 5 = Rp. 175.000
Bumbu Rasa Jagung Bakar 5
Kg = Rp.
35.000 X 5 =
Rp.
175.000
Cokelat 5 Kg = Rp. 35.000 X 5 = Rp. 175.000
Bumbu Rasa Barbeque 5
Kg = Rp. 35.000 X 5= Rp.
175.000
Bumbu Rasa Balado 5 Kg = Rp. 35.000 X 5 = Rp. 175.000
Keju 5 Kg = Rp.
37.000 X 5 = Rp.
185.000
Bumbu Rasa Greentea 5 Kg = Rp. 25.000 X 5= Rp. 125.000
Pembungkus 10 = Rp.
15.000 X 10=
Rp.
150.000
Gas 2 = Rp. 100.000 x 2= Rp. 200.000
TOTAL = Rp. 1.864.000
Untuk keripik pisang original dibandrol
dengan harga Rp. 5000/bungkus, sedangkan untuk keripik pisang varian rasa
dibandrol dengan harga Rp. 9000/bungkus.
F. Analisa SWOT
1. FAKTOR KEKUATAN (STRENGTH)
v Menyediakan
produk berkualitas
v Memenui
kebutuhan gizi
v Harga
terjangkau oleh kalangan masyarakat
v Dapat menjadi salah satu alternatif makanan
ringan yang praktis, dan hemat.
v Bebas
bahan pengawet
v
Menghadirkan varian rasa yang enak,gurih,manis,pedas& renyah
2. FAKTOR KELEMAHAN (WEAKNESS)
v Banyak
pesaing bisnis serupa
v Semakin
sulit mendapatkan sumber bahan baku pisang yang berkualitas
v Belum
memiliki brand
3. FAKTOR KESEMPATAN
(OPPORTUNITY)
v Kondisi
masyarakat yang semakin konsumtif sehingga mempermudah untuk memasarkan produk.
v Dapat
dipasarkan dimana saja
v Permintaan
pasar yang semakin meningkat
v Bahan baku
mudah didapat
4. FAKTOR ANCAMAN (THREATS)
v Jumlah
kompetitor yang terus meningkat
v Munculnya
variasi makanan modern yang lebih unggul
v Kenaikan
harga bahan baku karena jumlahnya semakin terbatas
v Perubahan iklim pengaruhi kualitas pisang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar