Dalam menjalankan suatu usaha atau
bisnis sangatlah penting bagi seorang wirausaha untuk memikirkan segala resiko
yang akan terjadi terhadap usahanya. Agar usaha atau bisnisnya berjalan lancar dan
sukses segala resiko tersebut harus dianalisa untuk kemudian disusun strategi
yang tepat dalam menjalankan usahanya.
Tujuan dan manfaat analisis data
bagi seorang wirausaha dalam menjalankan sebuah usaha sebagai berikut:
a. Memperoleh data yang lebih akurat
untuk diberikan kepada bagian yang membutuhkan, seperti keuangan, produksi, dan
pemasaran.
b. Mengetahui suatu kecenderungan
(trend) di masa datang.
c. Meminimalkan risiko kegagalan
dari sebuah keputusan strategis yang akan diambil.
d. Mengetahui kondisi dan kinerja
usahanya.
e. Mengetahui kecenderungan
permintaan pasar terhadap produknya dengan riset dan survei lapangan.
Melakukan analisa data dapat
dilakukan dengan 2 metode yaitu:
1. Analisa Data
dengan Pendekatan Matematika
2. Analisa Data dengan Pendekatan Statistik
1. Melakukan Analisis Aspek
A. Aspek Keuangan
Yang termasuk analisis resiko keuangan adalah:
- Adanya biaya produksi yang berlebihan
- Adanya biaya-biaya peusahaan yang berlebihan
- Adanya hutang yang besar
- Adanya suku bunga valuta aisng dan resiko komoditas
B. Aspek Potensi Pasar
Analisis aspek potensi pasar:
- Resiko kegiatan inovasi produk
- Resiko perusahaan melakukan kampanye pemasaran secara agresif
- Resiko system distribusi barang
- Resiko adanya persaingan produk barang dipasarkan
- Resiko dampak dari kapasitas produksi
C.
Aspek Produk
Analisis aspek produksi:
- Resiko terhadap daya saing produk yang sejenis
- Resiko ketinggalan teknologi
- Resiko produk karena adanya pemasok tidak mentaati komitmen yang mereka buat
D. Aspek Pelanggan
Analisis terhadap aspek pelanggan adalah:
- Menganalisis sikap pelanggan
- Adanya pengembalian produk
- Menganalisis jumlah penjualan barang kepada pelanggan
- Memelihara komunikasi dengan pelanggan
E.
Aspek Pesaing
Analisis yang dapat dilakukan pada aspek pesaing adalah:
- Kualitas produk pesaing
- Pelayanan terhadap konsumen
- Harga yang disukai konsumen
F. Aspek Bahan Baku/Bahan Produksi
Analisis terhadap aspek bahan baku:
- Tersedianya bahan baku produksi secara continue
- Sifat bahan baku produksi
- Kemudahan mendapatkan bahan baku
- Pengadaan tenaga kerja dalam hubungannya dengan bahan baku
2. Adanya Analisa Data
Data
yaitu fakta atau bagian dari fakta yang mengandung arti yang sangat berguna
sebagai dasar yang relative objektif guna menyusun kebijaksanaan dan keputusan
pelaku usaha. Analisa merupakan sebuah kegiatan untuk membandingkan dua hal
atau variabel sehingga diketahui selisih atau rasionya guna mendapatkan sebuah
kesimpulan.
Bentuk
analisa data:
a.
Analisis Kuantitatif
Analisis yang menggunakan model
matematis, statistika, dan ekonometrik.
b.
Analisis Kualitatif
Analisis data yang dilakukan
terbatas pada teknik pengolahan datanya seperti pada pengecekan datanya.
Jenis
data dalam pengambilan keputusan
Jenis data
yang dibutuhkan wirausaha untuk dianalisis adalah sebagai berikut:
1. Data
produk yang tidak lolos uji kualitas (defect product).Data ini dibutuhkan untuk
mengetahui seberapa pasar persentase produk gagal dari total produk yang
diproduksi.
2. Data
piutang yang tidak terbayar oleh pelanggan atau kredit macet yang pembayaranya
melebihi syarat pembayaran (trem of payment)yang telah ditentukan.
3. Data
yang mengenai tingkat permintaan kebutuhan produk,baik yang ada dipasar,ataupun
yang belum ada dipasar. Data ini dibutuhkan dalam rangka peluncuran produk baru
.
4. Tingkat
kepuasan pelanggan akan suatu produk dan tingkat keluhan pelanggan terhadap
pelayanan perusahaan.
5. Jumlah
penjualan yang akan dijadikan prediksi penjualan yang akan datang (sales
forecast),berdasarkan data penjualan tahun ini dan data penjualan periode
sebelumnya.Catatan dari laporan keuangan seperti laporan laba rugi ,neraca dan
laporan arus kas (cashflow)
6. Data
tentang informasi yang dibutuhkan dalam pengambilan keputusan investasi seperti
anilisis pulang pokok (break even analysis),dan tingkat pengembalian investasi
(pay back period)
Sumber
yang dapat diambil datanya untuk dianalis dan dihitung kecenderungannya dan
dimanfaatkan oleh wirausaha adalah sebagai berikut:
1. Sumber
data langsung dari lapangan melalui riset dan survei .
2. Sumber
data yang berasal dari media massa,seperti koran,majlah,dan tabloid
3. Sumber
data yang berasal dari pemerintah seperti badan pusat statistik(BPS) Dan
Bappenas
4. Sumber
dari data internet perusahaan.
Kesimpulan
Bahwa untuk memulai usaha dan menjalankan usaha pastilah melewati banyak tantangan dan resiko yang harus dihadapi. Beberapa resiko dalam bidang usaha seperti dalam hal keuangan, potensi pasar, produk, pelanggan, pesaing, dan bahan baku produksi. Itu semua resiko yang mungkin harus dihadapi oleh seorang wirausaha dalam menjalankan usahanya, namun dibalik masalah pasti ada solusi. Dengan melakukan analisis terhadap semua aspek resiko tersebut bisa membantu dalam menjalankan usaha agar tetap berjalan lancar dan berhasil. Melakukan analisis data pun juga sangatlah penting dengan pengumpulan data sangat berguna sebagai dasar yang relative objektif guna menyusun kebijaksanaan dan keputusan pelaku usaha, mengetahui jenis data yang dibutuhkan dan mencari tahu sumber yang dapat diambil datanya untuk dianalisis. Seorang wirausahaan juga harus selalu menanam kepercayaan diri, kreatifitas dan inovasi, serta realistis dalam menjalankan usahanya.
Source:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar