Senin, 12 Juni 2017

Menghitung Resiko Menjalankan Usaha

Dalam menjalankan suatu usaha atau bisnis sangatlah penting bagi seorang wirausaha untuk memikirkan segala resiko yang akan terjadi terhadap usahanya. Agar usaha atau bisnisnya berjalan lancar dan sukses segala resiko tersebut harus dianalisa untuk kemudian disusun strategi yang tepat dalam menjalankan usahanya.

Tujuan dan manfaat analisis data bagi seorang wirausaha dalam menjalankan sebuah usaha sebagai berikut:
a. Memperoleh data yang lebih akurat untuk diberikan kepada bagian yang membutuhkan, seperti keuangan, produksi, dan pemasaran.
b. Mengetahui suatu kecenderungan (trend) di masa datang.
c. Meminimalkan risiko kegagalan dari sebuah keputusan strategis yang akan diambil.
d. Mengetahui kondisi dan kinerja usahanya.
e. Mengetahui kecenderungan permintaan pasar terhadap produknya dengan riset dan survei lapangan.

Melakukan analisa data dapat dilakukan dengan 2 metode yaitu:
1. Analisa Data dengan  Pendekatan Matematika
2. Analisa Data dengan Pendekatan Statistik


1. Melakukan Analisis Aspek

A. Aspek Keuangan
Yang termasuk analisis resiko keuangan adalah:  
  •  Adanya biaya produksi yang berlebihan
  • Adanya biaya-biaya peusahaan yang berlebihan
  • Adanya hutang yang besar
  • Adanya suku bunga valuta aisng dan resiko komoditas 
B. Aspek Potensi Pasar
Analisis aspek potensi pasar:
  • Resiko kegiatan inovasi produk
  • Resiko perusahaan melakukan kampanye pemasaran secara agresif
  • Resiko system distribusi barang
  • Resiko adanya persaingan produk barang dipasarkan
  •  Resiko dampak dari kapasitas produksi

C. Aspek Produk
Analisis aspek produksi:
  • Resiko terhadap daya saing produk yang sejenis
  •  Resiko ketinggalan teknologi
  • Resiko produk karena adanya pemasok tidak mentaati komitmen yang mereka buat

D. Aspek Pelanggan
Analisis terhadap aspek pelanggan adalah:
  • Menganalisis sikap pelanggan
  • Adanya pengembalian produk
  •  Menganalisis jumlah penjualan barang kepada pelanggan
  •  Memelihara komunikasi dengan pelanggan 

E. Aspek Pesaing
Analisis yang dapat dilakukan pada aspek pesaing adalah:
  • Kualitas produk pesaing
  •  Pelayanan terhadap konsumen
  • Harga yang disukai konsumen 

F. Aspek Bahan Baku/Bahan Produksi

Analisis terhadap aspek bahan baku:
  • Tersedianya bahan baku produksi secara continue
  • Sifat bahan baku produksi
  •  Kemudahan mendapatkan bahan baku
  • Pengadaan tenaga kerja dalam hubungannya dengan bahan baku



2. Adanya Analisa Data

Data yaitu fakta atau bagian dari fakta yang mengandung arti yang sangat berguna sebagai dasar yang relative objektif guna menyusun kebijaksanaan dan keputusan pelaku usaha. Analisa merupakan sebuah kegiatan untuk membandingkan dua hal atau variabel sehingga diketahui selisih atau rasionya guna mendapatkan sebuah kesimpulan.

Bentuk analisa data:
a. Analisis Kuantitatif
Analisis yang menggunakan model matematis, statistika, dan ekonometrik.
b. Analisis Kualitatif
Analisis data yang dilakukan terbatas pada teknik pengolahan datanya seperti pada pengecekan datanya.

Jenis data dalam pengambilan keputusan

Jenis data yang dibutuhkan wirausaha untuk dianalisis adalah sebagai berikut:

1. Data produk yang tidak lolos uji kualitas (defect product).Data ini dibutuhkan untuk mengetahui seberapa pasar persentase produk gagal dari total produk yang diproduksi.
2. Data piutang yang tidak terbayar oleh pelanggan atau kredit macet yang pembayaranya melebihi syarat pembayaran (trem of payment)yang telah ditentukan.
3. Data yang mengenai tingkat permintaan kebutuhan produk,baik yang ada dipasar,ataupun yang belum ada dipasar. Data ini dibutuhkan dalam rangka peluncuran produk baru .
4. Tingkat kepuasan pelanggan akan suatu produk dan tingkat keluhan pelanggan terhadap pelayanan perusahaan.
5. Jumlah penjualan yang akan dijadikan prediksi penjualan yang akan datang (sales forecast),berdasarkan data penjualan tahun ini dan data penjualan periode sebelumnya.Catatan dari laporan keuangan seperti laporan laba rugi ,neraca dan laporan arus kas (cashflow)
6. Data tentang informasi yang dibutuhkan dalam pengambilan keputusan investasi seperti anilisis pulang pokok (break even analysis),dan tingkat pengembalian investasi (pay back period)


Sumber yang dapat diambil datanya untuk dianalis dan dihitung kecenderungannya dan dimanfaatkan oleh wirausaha adalah sebagai berikut:

1. Sumber data langsung dari lapangan melalui riset dan survei .
2. Sumber data yang berasal dari media massa,seperti koran,majlah,dan tabloid
3. Sumber data yang berasal dari pemerintah seperti badan pusat statistik(BPS) Dan Bappenas
4. Sumber dari data internet perusahaan.



Kesimpulan

Bahwa untuk memulai usaha dan menjalankan usaha pastilah melewati banyak tantangan dan resiko yang harus dihadapi. Beberapa resiko dalam bidang usaha seperti dalam hal keuangan, potensi pasar, produk, pelanggan, pesaing, dan bahan baku produksi. Itu semua resiko yang mungkin harus dihadapi oleh seorang wirausaha dalam menjalankan usahanya, namun dibalik masalah pasti ada solusi. Dengan melakukan analisis terhadap semua aspek resiko tersebut bisa membantu dalam menjalankan usaha agar tetap berjalan lancar dan berhasil. Melakukan analisis data pun juga sangatlah penting dengan pengumpulan data sangat berguna sebagai dasar yang relative objektif guna menyusun kebijaksanaan dan keputusan pelaku usaha, mengetahui jenis data yang dibutuhkan dan mencari tahu sumber yang dapat diambil datanya untuk dianalisis. Seorang wirausahaan juga harus selalu menanam kepercayaan diri, kreatifitas dan inovasi, serta realistis dalam menjalankan usahanya.




Source:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar